Bring Your Tumbler Be An Eco Warrior


 Laporan dari Luh Putu Budiarti

Bring Your Tumbler Be An Eco Warrior adalah suatu gerakan yang mengajak seluruh masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang tua untuk bersama-sama peduli dalam mengurangi sampah plastik yang merupakan salah satu penyebab perubahan iklim dengan cara membawa botol minum sendiri (tumbler).

Kegiatan utama tim Bring Your Tumbler adalah Project “Bring Your Tumbler Goes to School” dengan target anak-anak di jenjang usia Sekolah Dasar.

Acara ini merupakan project donasi, yakni mencari donatur tumbler yang kemudian akan didistribusikan langsung kepada anak-anak.

Bring Your Tumbler Goes to School bertujuan untuk mengajak anak-anak untuk mengembalikan kebiasaan masa kecil yakni membawa botol minuman ke sekolah dan diharapkan menjadi budaya serta komitmen internal ketika dewasa sebagai bentuk rasa tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar.

Berdasarkan data yang dilaporkan Wawan Some, yang tergabung dalam Aktivis Lingkungan Surabaya konsumsi air kemasan dari tahun ke tahun terus meningkat.

Pada tahun 2011 produk konsumsi air kemasan mencapai 17 milyar liter dan menghasilkan botol plastik sampai 500.000 ton. Dengan adanya latar belakang demikian, perlu adanya sosialisasi dini khususnya kepada anak-anak.


Sosialisasi dilaksanakan di SD Negeri 11 Sumerta, melibatkan 101 anak kelas 4, 5 dan 6 serta 15 guru pendamping, dengan total 116 donatur yang mendonasikan 116 botol tumbler.

Panitia yang terlibat berjumlah 13 orang, 9 orang dari tim Bring Your Tumbler dan 4 orang  volunteer. Tim Bring Your Tumbler membagikan sebanyak 116 botol tumbler ke masing-masing anak dan kepada 15 guru pendamping.

Acara ini berlangsung dari jam 08.00 WITA sampai dengan 09.30 WITA yang diisi dengan permainan dan sosialisasi. Permainan bertujuan untuk melatih motorik anak serta menumbuhkan sifat kebersamaan dan bertanggungjawab penuh terhadap kelompoknya.

Setelah diadakan permainan, anak-anak diberikan sosialisasi mengenai pengenalan Bring Your Tumbler dan pentingnya membawa tumbler sebagai gerakan peduli lingkungan yang bisa dilakukan anak-anak sekolah dasar.

Anak-anak SDN 11 Sumerta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, hal ini bisa dilihat dari semangat mereka dalam mengikuti setiap kegiatan, mulai dari mengikuti permainan serta aktif bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim Bring Your Tumbler.

Di akhir acara, tim Bring Your Tumbler membagikan tumbler ke masing-masing anak dan guru pendamping.

Tumbler yang dibagikan  merupakan hasil donasi dari para donatur yang memiliki kepedulian terhadap kegiatan ini dan juga memiliki harapan besar dalam membantu mengurangi sampah botol plastik.

Alasan mengapa anak-anak SD dijadikan pilot project program ini adalah karena tim percaya bahwa anak-anak masih memiliki pemikiran yang lugu dan dapat diajak dengan mudah untuk menjadi seorang eco warrior khususnya di bidang lingkungan, dan mereka dapat dengan senang hati akan memberitahu teman-teman serta orangtua mereka.


Hal ini diharapkan dapat memberikan efektifitas yang lebih tinggi terhadap gerakan ini.

Harapan besar tim Bring Your Tumbler adalah dengan diadakannya acara ini masyarakat khususnya anak-anak dapat menumbuhkan komitmen untuk membawa botol minum atau tumbler kapan pun dan di mana pun.

Langkah kecil bersama ini dapat berdampak besar untuk membantu mengurangi sampah botol plastik dan ikut mewujudkan Indonesia bebas sampah 2020.




Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 9 November 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage