Balai Diklat Industri Denpasar: Pusatnya Belajar Animasi!


Di Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar Tanggal 5-6 November 2016, di Bali Creative Industri Center diselenggarakan event  “Kids Animation Festival” yang digagas oleh Bamboomedia dan BDI lho an1mareaders!

Adik-adik dari berbagai sekolah dasar di Bali beserta orang tua mereka diberi pengetahuan mengenai animasi oleh Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar. Kebanyakan mengira animasi hanyalah main-main belaka, tidak serius. Maka dari itu acara Kids Animation Festival bertujuan mengenalkan animasi sejak dini, juga untuk mengedukasi orang tua.

Berbeda dengan industri lainnya yang membutuhkan modal besar, industri kreatif tidak membutuhkan banyak hal. Cukup ruangan dengan fasilitas saja, yang lebih utama lagi ide kreatif dari pelakunya.Belajar animasi tidak dapat instan, butuh proses. BDI Denpasar mencari bibit yang punya skill dan bakat untuk bergabung dalam program pelatihannya.

Pelatihan ini berkaitan dengan usaha BDI Denpasar untuk menyiapkan tenaga kerja industri yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidangnya sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. BDI Denpasar memiliki dua sasaran utama yakni persiapan tenaga kerja industri siap kerja melalui pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja berspesialisasi dan kompetensi. Acuannya adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang animasi, kerajinan, dan industri barang seni, dan penciptaan wirausaha baru melalui program inkubator bisnis di bidang industri digital kreatif.

Drs. Paryono, M.M. Kepala BDI Denpasar

Visi BDI Denpasar adalah menjadi lembaga diklat SDM Industri yang profesional berbasis spesialisasi, kompetensi, dan berdaya saing 2020.

Sementara misi BDI Denpasar meliputi:
1. Melembagakan BDI Denpasar sebagai pusat diklat SDM industri kreatif berbasis spesialisasi dan kompetensi.
2. Menyelenggarakan diklat SDM industri secara profesional berbasis spesialisasi dan kompetensi sesuai kebutuhan industri.
3. Membangun SDM industri yang kompeten dan berdaya saing.
4. Mengembangkan kerja sama, menciptakan wirausaha baru dan penempatan kerja alumni diklat.

Beberapa contoh diklat yang digarap BDI Denpasar di antaranya Diklat 2D dan 3D animasi, Motion Capture, Lighting, Rendering, hingga Compositing.

Lomba dan Pameran yang diselenggarakan BDI area Denpasar antara lain :
1. Pameran industri dan teknologi produksi dari More Media Kreasi
2. Tattoo exo dari Magic Ink Magazine
3. Pemilihan putri citra nasional dari Argadia
4. Kids Animation
5. Pameran UKM/ IKM Expo dan Workshop dari Astra
6. Pameran Pesta Wirausaha dan Komunitas tangan di atas

Drs. Paryono, M.M. selaku Kepala BDI Denpasar menceritakan kondisi di mana industri membutuhkan banyak tenaga kerja, namun belum banyak sumber daya manusia yang keterampilannya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri. Untuk menjadi peserta pelatihan, calon peserta harus memberikan portofolio. BDI Denpasar sendiri tidak terlalu memerhatikan asal sekolah, yang jadi perhatian adalah kemampuan dari calon peserta tersebut. Juga akan lebih baik jika peserta telah menguasai grafis desain.

Putu Sudiarta, Direktur dari Bamboomedia dan Drs. Paryono, M.M., Kepala BDI Denpasar

Pelatihan yang dilakukan BDI Denpasar diselenggarakan selama kurang lebih setahun dengan berbagai fasilitas yang mumpuni seperti lab komputer, asrama, akomodasi hingga konsumsi ditanggung oleh pemerintah.Peserta yang lulus tahapan uji kompetensi, baik ujian pribadi dan project kelompok, oleh badan sertifikasi akan langsung disalurkan ke industri sehingga dapat membantu karier dari peserta juga membantu industri memenuhi SDM berkompetensi animasi.

Adapun pengajar pelatihan ini adalah para praktisi animasi seperti Pak Putu Sudiarta, Direktur dari Bamboomedia. Dengan demikian program BDI Denpasar dapat mengurangi pengangguran dan menurunkan tingkat kemiskinan sehingga perekonomian Indonesia tumbuh di bidang industri kreatif.

Selain pelatihan, juga terdapat program inkubator bisnis. BDI Denpasar merekrut anak muda berbakat dan memiliki ide bernilai ekonomi tinggi. Jika produk inkubator sudah siap, maka BDI Denpasar akan membantu legalitas usaha hingga start up sampai dapat mengurus dokumen yang fiprtlukan di perbankan.

Ketika launching produk, BDI Denpasar mendatangkan stakeholder, calon pembeli atau investor dengan harapan terjadi transaksi. Program ini merupakan misi bersama, sehingga BDI Denpasar juga menggandeng berbagai pihak untuk bekerja sama. Selain membina relasi dengan universitas dan SMAK di Bali, BDI Denpasar juga menggandeng perusahaan di seperti dengan bank BRI, AINAKI, An1mage, dan masih banyak lagi.



Artikel lain yang mirip

MAGANG di Animasi, komik, novel, movie click link berikut

Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 9 November 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa

Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage