AUGUSTE RODIN: The Thinker


Sebagai pematung hebat yang dikenal dengan salah satu karya patungnya yaitu The Thinker. Bahkan patung ini sering ditulis bersamaan dengan kata-kata “cogito ergo sum” oleh beberapa orang kemudian.

Rodin pernah gagal sewaktu tes untuk masuk ke studi jurusan seni pahat lho An1mareaders! Lahir pada 12 November 1840, François-Auguste-René Rodin banyak menghasilkan ornamen desain arsitektur untuk Opera Garnier, Hotel La Paiva di Champs-Elysees, juga Teater des Gobelins. Kegagalan melanjutkan studi sesuai jurusan yang diinginkannya membuat Rodin bekerja sebagai perajin dan dekorator.

Karyanya terkesan hidup. Patungnya seolah memiliki emosi emosi. Pahatan Rodin begitu mendetail, terdiri dari lekukan-lekukan dalam hingga menciptakan bayangan. Rodin pernah bekerja bersama seniman-seniman terkemuka seperti Donatello dan Michelangelo. Beberapa karya terkenal The Age of Bronze (L'age d'airain), The Walking Man (L'homme qui marche), The Burghers of Calais (Les Bourgeois de Calais),  The Kiss (Le Baiser), dan The Thinker (Le Penseur).

Le Baiser menggambarkan Syair Dante. Pahatan ini menggambarkan seorang wanita bangsawan yang jatuh cinta pada suaminya. Pasangan tersebut akhirnya meninggal karena dibunuh. Kedua bibir patung tersebut tidak saling menyentuh. Sementara Le Penseur menggambarkan Dante. Tahun 1880 Rodin mendapat proyek merancang pintu “The Gates of Hell” oleh pemerintah Perancis. Sayang, Rodin meninggal sebelum proyek tersebut selesai. Rodin meninggal pada usia 77 tahun, yakni tanggal 17 November 1917. Kini karya Rodin dipajang di Musee Rodin dan di Hotel Biron, Paris.



Artikel ini ada di An1magine majalah eMagazine Art and Science Volume 1 Nomor 7 September 2016
yang dapat di-download gratis di Play Store, share yaa


Komentar

Page Views

counter free

Visitor

Flag Counter

Postingan populer dari blog ini

STANLEY MILLER: Eksperimen Awal Mula Kehidupan Organik di Bumi

CERPEN: POHON KERAMAT

Menerbitkan buku di An1mage